Site Overlay

4 check list dalam melakukan perawatan ac untuk pemula

Bagi anda yang memang pemula dalam melakukan perawatan ac pasti ingin mengetahui apa saja check list dalam melakukan perawatan ac. Sebenarnya membuat check list tidak hanya bagi pemula, bahkan untuk tenaga profesional yang memang sering melakukan perawatan ac juga membutuhkan alat bantu seperti check list.

Mengapa membutuhkan check list? pada dasarnya guna dari adanya check list adalah sebagai petunjuk agar tidak ada yang terlewat dalam melakukan perawatan ac karena banyaknya komponen dan hal yang perlu dilakukan. Untuk tenaga profesional sudah pasti membutuhkan check list yang sangat teknis dan detail. Sedangkan bagi pemula sebenarnya dibutuhkan check list yang bersifat umum tetapi akan membantu dalam melakukan perawatan unit ac untuk menjaga agar ac tetap dalam kondisi optimal.

Berikut ini adalah 4 (empat) check list dalam melakukan perawatan ac untuk pemula sebagai panduan anda dalam melakukan perawatan unit ac.

Check list 1 : Periksa filter ac Anda

Lakukan pemeriksaan filter ac minimal sebulan sekali dan bersihkan jika memang ternyata dalam kondisi kotor atau ganti bila diperlukan. Untuk melakukan pembersihan filter ac anda dapat melakukan sendiri atau memanggil tenaga profesional untuk membantu anda melakukan pembersihan filter. Terutama pada saat musim kemarau atau di lingkungan yang memang berdebu. Kotoran pada filter akan membuat hawa dingin akan tidak terasa karena aliran udara terhambat dan bisa membuat kualitas udara tidak bersih.

Check list 2 : Periksa unit outdoor ac anda

Lakukan pemeriksaan terhadap unit outdoor ac minimal sebulan sekali anda agar terhindar dari hal-hal yang akan mengganggu kerja unit seperti kotoran dan kerusakan. Jauhkan unit outdoor dari pohon atau tumbuhan yang akan membuat daun-daun mengotori unit outdoor ac. Segera bersihkan jika ada kotoran yang mengganggu unit outdoor anda. Jika posisi outdoor anda berada di dinding atas atau pada posisi yang sulit untuk dijangkau maka sebaiknya anda menggunakan tenaga profesional yang sudah berpengalaman. Utamakan keselamatan dalam melakukan pemeriksaan. Jika ternyata unit outdoor memang dalam kondisi rusak maka segera lakukan pergantian.

Check list 3 : Periksa unit indoor ac anda

Lakukan pemeriksaan terhadap unit indoor ac minimal sebulan sekali agar anda tidak mengalami gangguan dalam penggunaan unit ac. Pastikan semua fitur dalam unit ac dapat berjalan dengan baik seperti fitur ac, kipas, swing kipas dan fitur yang lainnya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa hawa dingin yang keluar dari unit indoor ac memang sesuai dengan suhu yang di setting. Pastikan juga hawa dingin yang keluar terasa segar dan tidak ada debu-debu kecil. Jika memang ada terasa debu-debu yang kecil yang terasa maka segera lakukan pembersihan pada unit indoor ac anda. Jika memang anda tidak bisa melakukan pembersihan unit ac indoor sendiri maka jasa tenaga profesional yang sudah berpengalaman dalam melakukan perawatan ac.

Check list 4 : Periksa remote ac anda

Lakukan pemeriksaan terhadap remote ac anda. Pastikan remote masih berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan dengan mencoba semua fungsi dari remote. Cek juga baterei dari remote pada saat ada fungsi remote yang tidak bekerja. Hal ini mungkin saja disebabkan karena baterei perlu diganti. Selain itu juga lakukan pengecekan pada unit indoor ac jika ternyata remote tidak berfungsi karena bisa jadi disebabkan karena unit indoor ac yang dalam kondisi rusak.

Demikian 4 (empat) check list dalam melakukan perawatan ac untuk pemula. Jika anda memilik check list lebih dari apa sudah kami sampaikan maka akan lebih baik lagi. Jika anda tidak mampu melaksanaan perawatan ac sesuai dengan check list yang anda buat maka anda dapat menghubungi kami CV Inti Teknik yang sudah profesional dalam melakukan service dan perawatan ac sejak tahun 2007.

Hubungi kami sekarang juga!

DUDI IRAWAN
Telp.081285793811
HP.085217227833
Email : teknikintijaya@yahoo.com

google review button