Site Overlay

4 hal yang menyebabkan unit AC tidak dingin

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki musim kemarau yang cukup panjang sehingga terkadang membuat tidak terasa nyaman karena hawa panas dengan suhu yang cukup tinggi. Terlebih lagi jika ruangan tidak memiliki pendingin maka akan membuat suasana di dalam ruangan menjadi tidak nyaman.  Oleh karena itu keberadaan unit AC yang bekerja dengan baik menjadi hal yang sangat utama.

Bayangkan jika ternyata pendingin ruangan tidak bekerja dengan baik misalnya tidak lagi terasa dingin. Maka akan menjadi permasalahan yang cukup besar. Jika secara tiba-tiba unit AC tidak lagi membuat ruangan anda tidak terasa dingin maka anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah 4 (empat) hal yang biasanya menyebabkan unit AC tidak lagi mendinginkan ruangan.

Filter AC kotor

Ketika filter udara Anda terlalu kotor, aliran udara di rumah Anda akan menjadi tidak lancar karena adanya kotoran pada filter. Jika ini terjadi, Anda mungkin tidak merasakan ada udara yang masuk melalui ventilasi jika unit AC Anda menyala. Jika pada saat AC anda tidak terasa dingin dan ternyata penyebabnya adalah karena filter kotor maka anda perlu melakukan pembersihan filter ac anda yang kotor. Anda dapat melakukan pembersihan sendiri atau menggunakan jasa service AC jika memang anda tidak bisa melakukannya sendiri. Jika ternyata filter AC tidak bisa dibersihkan atau memang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk digunakan maka sebaiknya anda mengganti filter AC dengan yang baru.

Pengaturan Thermostat yang salah

Salah satu kemungkinan yang terjadi penyebab unit AC tidak dingin bisa jadi disebabkan karena adanya pengaturan thermosat dari unit AC yang tidak tepat. Untuk mengatasi hal tersebut pada umumnya thermostat dapat dibuat dalam pengaturan otomatis sehingga akan menyesuaikan suhu ruangan. Dengan penaturan otomatis maka pengaturan juga akan lebih optimal dan juga dapat menghemat biaya listrik dalam penggunaan unit AC.

Unit kondensor AC yang berada di luar ruangan kotor

Kondensor adalah salah satu bagian terpenting dari sistem AC Anda karena kondensor dirancang untuk membuang panas yang diekstraksi dari dalam rumah Anda melalui evaporator. Ketika unit kondensir ini menjadi kotor akan menyebabkan udara dingin memiliki waktu yang lama untuk dapat menuju ke dalam ruangan.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu memeriksa kondensor secara teratur. Jika anda menemukan banyak kotoran maka sangatlah penting untuk melakukan pembersihan agar kondensor dapat kembali bekerja dengan optimal. Setelah pekerjaan pembersihan ini selesai, Anda perlu mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga kebersihan unit kondensor. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan memasang pagar kayu kecil untuk memberikan perlindungan dan cakupan ekstra pada kondensor.

Tingkat Refrigeran yang rendah

Salah satu penyebab mengapa unit AC menjadi tidak dingin adalag karena tingkat refrigeran rendah. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda akan tahu apakah refrigeran Anda rendah ketika udara hangat bertiup melalui ventilasi Anda atau ketika tagihan listrik Anda lebih tinggi dari seharusnya untuk bulan tertentu.

Sayangnya, mengatasi refrigeran rendah bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Anda harus menghubungi jasa service ac yang profesional dan terpercaya karena mereka tahu cara melakukan pekerjaan pengisian ulang dengan aman dan cepat. Mereka akan memastikan sistem refrigeran anda sudah terisi penuh dan memeriksa kebocoran refrigeran jika levelnya terus turun secara rutin.

Demikian 4 (empat) hal yang pada umumnya menyebabkan unit AC menjadi tidak dingin. Anda mungkin sudah mengalami hal ini sendiri atau mungkin ada hal lain yang anda alami yang menyebabkan unit AC menjadi tidak dingin. Jika memang anda mengalami dan tidak mampu menyelesaikan permasalahan tersebut maka anda dapat menghubungi jasa service ac seperti CV Inti Teknik yang akan membantu mengatasi segala permasalahan anda.

Hubungi kami sekarang juga :

DUDI IRAWAN
HP.081285793811

service ac jakarta selatan