Site Overlay

Hal yang perlu anda ketahui mengenai air conditioning

Sistem pada air conditioning (AC) pada umumnya memiliki beberapa disain sesuai dengan model dari unit AC tersebut. Mulai dari jenis sistem AC yang besar yang memiliki unit kompresor outdoor sampai ke unit AC yang kecil yang dapat di tempatkan berdiri di atas lantai. Akan tetapi meskipun demikian komponen dari unit AC memiliki kesamaan komponen seperti pendingin, kompresor, kondensor, katup ekspansi, dan kumparan evaporator. Semua komponen ini bekerja sama untuk mentransfer panas dan kelembaban dari bagian dalam rumah ke luar.

AC memiliki beberapa tipe seperti Window air conditioners, Portable air conditioners, Split (Ductless) Air Conditioners, dan Central air conditioning. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa tipe ac tersebut.

AC tipe Windows

AC dengan tipe windows secara teknis terdiri dari unit pendingin udara mandiri yang ditempatkan di jendela melalui lubang di dinding eksterior. AC tipe ini berisi semua komponen pendingin dalam satu kotak kompak. AC ini mengeluarkan panas dari luar dan meniupkan air yang didinginkan ke dalam ruangan di sisi dalam ruangan. Pendingin AC tipe windows tersedia dalam berbagai ukuran untuk mendinginkan ruangan dari satu kamar hingga seluruh lantai. Bahkan rumah kecil mungkin cukup didinginkan oleh Window air conditioners yang besar, terutama jika itu adalah rumah satu lantai. Akan tetapi sebelum memilih AC tipe Windows harus dipastikan terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah dalam memilih.

AC tipe portabel

Model AC portabel terdiri dari unit AC yang dapat digunakan sendiri yang ditempatkan di lantai di dalam ruangan dan mengeluarkan panas menggunakan ventilasi selang melalui dinding luar atau ventilasi jendela. Unit AC portabel mengeluarkan suara sedikit lebih berisik daripada jenis unit lain dan biasanya cocok untuk ukuran ruangan di bawah 500 kaki persegi.

Pada umumnya banyak orang menggunakan AC portabel untuk pendinginan ruang sementara karena kebutuhan yang sifatnya tidak permanen atau memang tidak dapat memasang model ac window.  Salah satu kelebihan model portabel adalah  karena unit portabel duduk di dalam ruangan, kipas evaporator berjalan cukup konstan untuk menguapkan kelembaban kental yang terkumpul di dalam unit. Ini sangat berbeda dari unit yang dipasang di jendela, di mana embun kental langsung menetes ke tanah.

AC tipe split

AC tipe split pada umumnya banyak ditemukan di hotel atau gedung yang memiliki beberapa unit gedung atau ruangan. AC model split membagi sistem AC menjadi 2 (dua) unit yaitu unit kondensasi yang berada di luar gedung termasuk juga kompreser, kondensor dan kipas kondensor. Unit pendingin berada di dalam gedung dan menangani pendinginan dan distribusi hawa dingin tersebut. Biasanya unit pendingin berupa kotak segi empat yang berada di tempat yang tinggi di dinding dan terdiri dari tempat sirkulasi kipas,katup ekspansi, dan kumparan evaporator. Pada umumnya pipa pendingin melewati dinding antara unit kondensasi dan evaporatif.

AC tipe sentral

Sistem AC sentral adalah tipe AC konvensional yang terbesar. Sama halnya seperti sistem ac split, ac tipe sentral terdiri dari dua unit — unit kondensasi dan unit evaporatif — yang dihubungkan satu sama lain dengan pipa pendingin. Unit kondensasi adalah unit yang berada di luar berbentuk kotak besar yang berisi kompresor, koil kondensing, dan kipas kondensasi. Unit evaporatif biasanya berada di ruang tengah besar antara tungku dan sistem saluran.

Penggunaan AC sentral biasanya adalah jenis AC yang paling efektif untuk mendinginkan seluruh rumah. Permasalahan utama dalam penggunaan AC sentral adalah memastikan sistem berukuran tepat untuk rumah Anda. Jika suatu sistem terlalu besar, sistem tidak akan berfungsi dengan baik dan tidak akan mengurangi dehumidify. Jika terlalu kecil, itu tidak akan cukup dingin. Perawatan yang tepat dari sistem AC sentral juga sangat penting.