SERVICE AC CV INTI TEKNIK

Mengapa AC Inverter lebih hemat listrik dibandingkan dengan tipe ac yang lain?

Pertanyaan yang paling sering muncul mengenai AC adalah mengapa AC inverter lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan tipe AC yang lain? hal apa yang menyebabkan itu terjadi? pertanyaan ini bisa jadi merupakan hal yang juga ingin anda tanyakan selama ini.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses yang dilakukan oleh unit AC dalam melakukan pendinginan suhu ruangan. Komponen utama yang bekerja dalam mendinginkan ruangan adalag kompresor AC. Pada tipe AC selain inverterm kompresor akan beroperasi dengan kekuatan penuh ketika unit AC dinyalakan. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai kondisi yang diinginkan, maka AC otomatis akan berhenti bekerja, demikian juga dengan kompresor AC. Pada saat suhu di ruangan kembali naik, maka AC akan kembali menyala dan kompresor akan juga kembali bekerja dengan kekuatan penuh untuk mengembalikan suhu udara untuk mencapai kondisi suhu yang diinginkan. Proses ini akan terus berulang selama AC dalam kondisi menyala. Kondisi kompresor yang hidup dan mati secara berulang-ulang inilah yang membuat daya listrik besar sehingga menambah biaya listrik anda.

Lalu kenapa AC inverter bisa lebih hemat listrik? proses kerja AC inverter sedikit berbeda dengan tipe AC bukan inverter. AC inverter itu sendiri muncul untuk mengatasi permasalahan yang muncul akibat besarnya daya listrik. Proses kerja pada AC inverter mengubah kerja kompresor agar menjadi lebih ringan yaitu dengan menghindari proses on dan off pada saat bekerja. Pada saat unit AC dinyalakan, kompresor AC inverter akan bekerja dengan menyesuaikan suhu ruangan yang telah ditetapkan. Pada saat suhu udara sudah mencapai tahap yang diinginkan, kompresor AC inverter AC tidak berhenti bekerja melainkan mengurangi kecapatan pendinginan. Kemudian pada saat suhu udara di ruangan mulai naik, kompresor AC inverter akan kembali mempercepat kerjanya sampai suhu kembali mencapai kondisi yang diinginkan kemudian kembali mengurangi kecepatannya. Proses ini berulang-ulang secara terus menerus selama AC inverter menyala. Kondisi tidak ada proses on dan off kompresor AC inverter ini yang menyebabkan pemakaian daya listrik AC inverter pada umumnya lebih rendah 50 % jika dibandingkan dengan tipe AC yang lain. Inilah salah satu penyebab mengapa AC inverter lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan tipe AC konvensional.

Sebagai contoh misalkan untuk AC konvensional 1 PK akan membutuhkan daya listrik kurang lebih 819 watt, sedangkan untuk AC inverter 1 PK akan membutuhkan daya listrik kurang lebih 540 watt. Perhitungan ini hanya contoh perhitungan kasar untuk membandingkan besaran daya listrik yang dibutuhkan antara AC konvensional dan AC inverter. Salah satu kelebihan dari AC inverter adalah kecenderungan suhu ruangan yang pendinginannya lebih stabil jika dibandingkan tipe AC yang lain.

Akan tetapi yang menjadi kekurangan dari AC inverter adalah harga dari unit AC inverter yang cukup mahal jika dibandingkan dengan tipe AC yang lain. Oleh karena itu terkadang banyak yang tidak memilih AC inverter dan memilih tipe AC yang lain karena pertimbangan harga.

Oleh karena itu bagi anda yang sudah memiliki AC inverter maka sangat direkomendasikan untuk selalu merawat kondisi AC inverter secara berkala agar kinerja dari AC inverter milik anda akan selalu bekerja secara optimal. Waktu yang paling optimal untuk melakukan perawatan AC adalah minimal 3 bulan sekali. Selain itu anda perlu memilih jasa perawatan AC inverter yang tepat dan profesional agar anda tidak menyesal dalam menggunakan AC inverter anda.

Demikian info mengenai mengapa AC inverter lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan AC tipe konvensional sebagai informasi bagi anda yang ingin membeli AC tipe inverter untuk rumah dan kantor anda.

ANDA MEMBUTUHKAN JASA SERVICE AC INVERTER? HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA :

DUDI IRAWAN
Telp.081285793811
HP.085217227833
Email : teknikintijaya@yahoo.com

service-ac-jaminan-kepuasan-pelanggan