Site Overlay

Pentingnya menjaga kebersihan unit AC dari bakteri dan virus

Last Updated on

Waspada bahaya penyebaran bakteri dan virus covid-19

Pada saat ini kondisi seluruh dunia termasuk juga di negara indonesia mengalami pendemi virus covid-19. Virus covid-19 ini sudah menjadi musuh bersama semua negara karena memiliki tingkat penyebaran yang cepat dan juga pada orang yang tidak memiliki tingkat imunitas yang baik akan menyebabkan keadaan menjadi kritis bahkan hingga kematian. Hal yang menjadi anjuran dari berbagai ahli untuk mencegah terjangkit atau tertular dari virus covid-19 ini adalah selalu menjaga kebersihan dan juga usahakan pada saat ini melakukan aktifitas di rumah saja.

Istilah work from home atau WFH sudah menjadi istilah yang trend yaitu melakukan pekerjaan di kantor di rumah menggunakan media teknologi. Kondisi ini menyebabkan banyak orang yang sekarang menghabiskan waktu di rumah dibandingkan diluar rumah sehingga sudah pasti dengan kondisi dan cuaca di indonesia yang panas dan lembab akan menyebabkan penggunaan unit AC juga menjadi meningkat. Pertanyaannya adalah apakah anda sudah melakukan pencucian dan perawatan unit ac anda secara berkala?

Mengapa perlu untuk melakukan pencucian dan perawatan unit AC secara berkala?

Salah satu alasan mengapa anda perlu melakukan pencucian dan perawatan unit ac secara berkala adalah akan bisa dipastikan kondisi unit ac anda dalam keadaan optimal dan juga saat dinyalakan akan mendukung kegiatan WFH anda karena selain akan menyebabkan udara di ruangan menjadi lebih segar juga akan memastikan bahwa udara yang masuk bersih dari bakteri-bakteri atau bahkan mungkin virus serta kotoran yang membahayakan pada saat kita hirup selagi menyalakan unit ac. Fitur AC seperti HEPA-filter memiliki kemampuan untuk menyaring debu dan mencegah bakteri dimana jika tidak di rawat secara berkala akan menyebabkan fungsi fitur tersebut tidak akan bekerja dengan baik.

Terutama untuk unit outdoor AC yang biasanya diletakan di luar ruangan. Jika tidak dibersihkan secara berkala akan membuat unit outdoor tersebut berdebu atau dimasuki benda-benda asing yang dapat membahayakan. Selain membahayakan, unit ac yang kotor akan menyebabkan kerusakan fungsi dari beberapa fitur dari AC dan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan serta kebocoran air pada saat unit AC bekerja.

Lalu bagaimana melakukan pencucian dan perawatan unit AC dalam kondisi pendemi virus covid-19? 

Pada kondisi pendemi saat ini hal yang sudah pasti harus anda prioritaskan adalah menjalankan himbauan dari pemerintah yaitu untuk tetap di rumah dan tidak menerima tamu dari luar. Pilihan yang bisa anda lakukan jika anda mampu melakukan adalah mencuci dan melakukan perawatan unit AC secara mandiri. Walaupun sepertinya akan sulit akan tetapi jika anda memang memiliki kemampuan dan keahlian maka anda bisa melakukannya. Anda dapat mengikuti beberapa panduan yang kami berikan seperti 4 cek list dalam melakukan perawatan unit AC untuk pemula. Opsi yang kedua yang harus anda pilih adalah menggunakan jasa penyedia service AC yang profesional dan terpercaya dalam melakukan layanan pencucian dan perawatan AC berkala. Tetapi bagaimana jika ternyata malah bermasalah karena takut penyebaran virus covid-19 dibawa oleh teknisi unit AC? Memang tidak ada yang bisa menjamin bisa mencegah penyebaran virus covid-19 karena pada saat ini orang yang tidak bergejala bisa menjadi carrieratau pembawa virus. 

Akan tetapi jika dalam kondisi darurat yang memaksa anda harus menggunakan jasa penyedia service ac maka pastikan anda menghubungi terlebih dahulu serta menanyakan “apakah kondisi teknisi AC yang dikirimkan dalam kondisi sehat?” (jika ada bukti lebih baik), “apakah dalam bekerja mereka menggunakan masker?”dan pertanyaan lainnya untuk memastikan bahwa kondisi mereka sehat dan aman untuk bekerja. Dalam mereka bekerja juga pastikan anda dan anggota keluarga menjaga jarak aman minimal 1 – 2 meter. Berikan mereka hand-sanitizer atau sabun untuk mencuci tangan mereka sebelum dan sesudah bekerja. Selain itu juga semprot dengan disinfectan semua area kerja pada saat melakukan pencucian dan perawatan ac terutama yang di dalam ruangan, sedangkan untuk yang berada diluar ruangan dapat anda lakukan penyemprotan semampu anda.

Minimal perawatan berkala 3 bulan sekali untuk menjaga dari bakteri dan virus

Kondisi di atas dapat anda minimalisasi jika memang selama ini anda telah melakukan perawatan unit AC secara berkala minimal 3 bulan sekali, sehingga pada saat sedang pendemi virus covid-19 ini anda sudah tidak perlu lagi melakukan pencucian dan perawatan unit AC. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan perbaikan unit AC anda secara berkala.

Anda butuh layanan jasa service AC?

Hubungi Kami Sekarang juga!

DUDI IRAWAN

Telp.021-22798585

Hp.081285793811 

Email : teknikintijaya@gmail.com

Call Now Button