Site Overlay

Permasalahan yang sering terjadi pada AC dan bagaimana cara mengatasinya

Untuk mengetahui permasalahan yang sering terjadi pada AC dan bagaimana cara mengatasinya merupakan topik yang paling banyak ditanyakan oleh beberapa pelanggan kami pada saat melakukan service ac baik di rumah maupun dikantor.

Hal ini memang perlu diketahui agar anda juga dapat melakukan tindakan yang tepat pada saat permasalahan terjadi pada unit AC anda. Sebelum menjawab hal tersebut mungkin ada hal yang perlu diketahui bahwa unit AC yang berada di ruangan serupa dengan sistem AC central tetapi dalam bentuk yang lebih kecil dari tipe AC central.

Semua unit AC pada umumnya memiliki komponen yang sama yaitu thermosat, kompresor, kipas atau blower, condensor coil, condensor fan dan komponen lainnya.A room air conditioner is like an entire central cooling system in one small package. Semua komponen tersebut berada dalam tempat yang terbuat dari besi dan biasanya ditempatkan ada yang di dalam ruangan dan juga di luar ruangan.

Lalu apa saya permasalahan yang sering terjadi pada unit AC dan bagaimana cara mengatasinya? berikut beberapa permasalahan yang mungkin saja pernah anda alami dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Tetesan air dari unit AC

Permasalahan ini terjadi biasanya disebabkan karena kelembaban kondensat dari koil evaporator mengalir ke panci logam di bagian bawah unit dan berjalan di luar melalui lubang atau tabung pembuangan kondensat di belakang. Air yang menetes dari bagian depan AC berarti bahwa panci tidak miring ke arah eksterior melainkan ke dalam ruangan. Berdasarkan pengalaman kami permasalah ini paling sering terjadi pada unit AC. Untuk mengatasi hal tersebut hal yang perlu dilakukan adalah melakukan perbaikan kemiringan unit sehingga panci miring sedikit ke bawah menuju eksterior. Banyak unit dirancang untuk dipasang tingkat, sedangkan panci itu sendiri miring; panci benar-benar miring ketika unit rata.

AC sering menyala dan mati

Permasalahan yang juga sering terjadi pada unit AC adalah kondisi dimana unit AC sering menyala dan mati. Kondisi ini juga salah satu permasalahan yang sering kami temui pada unit AC pelanggan kami. Penyebab dari permasalah ini adalah biasanya karena kondisi thermostat atau sensor temperatur tidak bekerja dengan baik.

Untuk mengatasi permasalahan ini hal yang bisa anda lakukan adalah memastikan posisi sensor thermostat pada posisi yang tepat. Usahakan untuk menempatkan posisi sensor thermostat dengan tidak menyentuh sensor agar tidak merusak sensor thermostat tersebut. Selain itu juga pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menutupi sensor. Jika ada maka lakukan pembersihan pada sensor tersebut.

AC sering tidak dingin

Ini mungkin salah satu permasalahan yang paling sering kami temui pada saat melakukan service ac yaitu AC sering tidak terasa dingin. Penyebab utama dari permasalahan ini biasanya disebabkan karena filter dari AC yang kotor atau kondensor coil kotor atau rusak. Untuk mengatasi pemasalahan ini adalah dengan melakukan pembersihan pada filter sesuai dengan petunjuk pada buku manual baik filter pada unit yang berada di dalam ruangan maupun yang berada di luar ruangan. Cek jika memang mengalami kerusakan maka sebaiknya dilakukann pergantian.

Demikian beberapa permasalahan yang sering terjadi dan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Jika anda memang mengalami kesulitan dalam melakukan perbaikan tersebut sendiri maka anda dapat menggunakan jasa perbaikan service ac yang profesional dan terpercaya seperti CV Inti Teknik yang akan membantu anda mengatasi segala permasalahan pada unit AC anda.

Hubungi CV Inti teknik sekarang juga!

DUDI IRAWAN
Telp.081285793811
HP.085217227833
Email : teknikintijaya@yahoo.comservice ac

jaminan service ac inti teknik