Site Overlay

Mengenali komponen pada unit AC untuk pemula

Mengenali komponen yang ada pada unit AC untuk anda yang pemula merupakan hal yang perlu dilakukan agar mengetahui apa saja yang perlu dilakukan apabila ada kerusakan atau permasalahan pada unit AC anda sehingga akan diketahui kapan melakukan service ac.

Pada dasarnya semua tipe AC memiliki komponen-komponen yang serupa sebagai komponen standar yang harus ada pada setiap jenis tipe AC. Komponen yang ada pada setiap unit AC adalah Refrigerant, Compressor, Condenser, Expansion Valve dan Evaporator Coil.

Refrigerant

Refrigerant dapat diibaratkan sebagai adalah “darah” yang memompa melalui tabung pendingin dalam sistem AC. Ini akan mengubah bentuk dari uap gas menjadi cair karena mengumpulkan panas dari rumah Anda dan mengeluarkan panas itu ke luar. Refrigerant adalah zat unik karena memiliki titik didih yang sangat rendah. Ini berarti bahwa refrigerant akan berubah dari cairan menjadi uap pada suhu rendah. Ini adalah kunci untuk membuat sistem AC bekerja dengan aman tanpa menghasilkan tingkat panas yang berbahaya.

Compressor

Compressor dapat diibaratkan sebagai “jantung” dari sistem AC karena compressor akan memompa refrigerant melalui semua komponen pendingin dalam lingkaran tembaga besar. Kemudian refrigerant akan memasuki compressor sebagai uap hangat bertekanan rendah dan meninggalkannya sebagai uap panas bertekanan tinggi.

Condenser

Selanjutnya dari compressor, uap panas refrigerant berpindah ke condenser. Pada tahapan ini, uap refrigerant panas bertekanan tinggi didinginkan saat melewati kumparan condenser. Condenser memiliki gulungan sirip logam tipis yang melakukan panas dari koil. Kipas pada condenser meniupkan udara di atas sirip untuk mempercepat pendinginan uap di dalam koil. Saat refrigerant menjadi dingin mendingin, ia berubah dari uap panas menjadi cairan panas pada tekanan tinggi dan bergerak ke katup ekspansi. Komponen compresor, condensor coil, dan fan condensor semuanya terletak di kotak berisik besar yang sering disebut unit Condensing unit.

Expansion Valve

Expansion valve (Katup ekspansi) adalah komponen utama dalam proses pendinginan. Ketika refrigeran cair panas melewati lubang kecil pada tekanan tinggi di katup di satu sisi, makan akan muncul sebagai kabut tekanan rendah dingin di sisi lain. Ini adalah hasil dari sifat alami gas: ketika gas mengembang, ia mendingin. Pendingin udara benar-benar tidak lebih dari alat yang dirancang untuk memaksa gas pendingin untuk mengembang, dan itulah yang menciptakan kemampuannya untuk mendinginkan udara.

Evaporator Coil

Cairan dingin bertekanan rendah yang meninggalkan expansion valve berjalan melalui evaporator coil (kumparan evaporator). Pada evaporator coil, udara panas dari rumah Anda berhembus melalui evaporator coil dan memanaskannya, sementara pada saat yang sama kumparan yang membawa dingin, gas pendingin yang diperluas mendingin dari hembusan udara melewati evaporator, dan udara yang didinginkan disirkulasikan melalui saluran udara tersebut. Ketika refrigerant memanas, ia mulai mendidih dan berubah dari cairan dingin menjadi uap hangat (proses penguapan). Uap refrigerant kemudian bergerak kembali ke kompresor dan unit kondensasi luar ruangan, dan siklus pendinginan berlanjut.

Demikian komponen-komponen pada unit AC yang perlu diketahui oleh pemula agar bisa melakukan tindakan yang tepat saat mengetahui ada kerusakanan atau permasalahan pada unit AC anda.